.quickedit{ display:none; }
WELCOME TO MY BLOG

Rabu, 19 Januari 2011

TENNIS ELBOW

TENNIS ELBOW


Tennis elbow atau lateral epicondylitis merupakan hal yang sangat umum bagi pasien yang mencari pertolongan medis karena nyeri di siku. Penyebab tennis elbow tidaklah diketahui sebarnya, tetapi diperkirakan karena kerobekan kecil tendon yang menghubungkan otot dengan tulang di sendi bahu.

Group otot yang termasuk adalah otot ektensor pergelangan tangan, terutama otot ektensor carpi radialis brevis yang menimbulkan gejala pada tennis elbow ini.


Gejala dari Tennis elbow
pasien dengan gejala tennis elbow akan merasakan nyeri disekitar sendi siku bagian luar yang akan bertambah jika melakukan gerakan mengenggam dan mengerakkan ke arah dorsal.Hal yang paling umum pada tennis elbow yaitu :

o Nyeri di bagian luar sendi siku

o Nyeri saat mengangkat benda

o Nyeri yang menjalar ke bagian lengan bawah

Nyeri yang berkaitan dengan tennis elbow biasanya bertahap, akan tetapi juga bisa terjadi secara mendadak.Umur rata rata pasien tennis elbow diantara 35 tahun sampai 65 6ahun , antara laki laki dan wanita hampir sama. Tennis elbow terjadi pada lengan yang dominan sekitar 75 persen. Semua orang bisa terkena tennis elbow akan tetapi tennis elbow sering dijumpai pada beberapa group :

* Pekerja Manual
Orang yang bekerja dengan menggunakan tangan mempunyai resiko tinngi untuk terjadinya tennis elbow. Pekerjaan yang bisa menyebabkan tennis elbow seperti tukang ledeng , tukang cat, tukang kebun dan tukang kayu

* Olah raga
Olah raga yang menggunakan raket lebih gampang terjadi tennis elbow. Kurang lebih 1/3 pemain tennis mengalami tennsi elbow di sepanjang karier mereka.Hal yang serupa dengan olah raga dengan menggunakan raket, yaitu golf, pemain anggar dan ada beberapa olah raga yang lain.

Adakah test khusus untuk mendiagnosa tennsi elbow?
X-rays pasien dengan tennis elbow sebagian besar normal. Tes yang lain seperti EMG biasanya diperlukan apabila terjadi ada hal yang lain selain kondisi tennis elbow itu sendiri.


Penyebab lain dari nyeri sendi siku yaitu diantaranya instabilitas sendi, arthritis siku, dan radial tunnel sindrome. Biasanya kasus kasus ini sangat berbeda.


Apa yang terjadi pada tennis elbow?

Tidak ada seorang pun mengetahui dengan pasti, tetapi ada beberapa pendapat.Tennis elbow bukanlah proses peradangan yang simpel dari tendon disekitar sendi.Tennis elbow dipandang sebagai proses degeneratif sebagai proses umur atau penggunaan yang terus menerus. Gejala ini bisa berakibat akibat proses penyembuhan yang tidak sempurna dikarenakan tidak mempunyai aliran darah yang baik sehingga akan menyebabkan nutrisi dan oksigen tidak bisa mencapai tempat tesebut. sehingga akan menyebabkan tendon terjadi cidera.

Kapan saya memerlukan dokter atau fisioterapi:

o Ketidak mampuan membawa benda atau menggunakanlengan
o Nyeri sendi terjadi pada saat malam atau sedang istirahat
o Nyeri tidak ada kurangnya setelah beberapa hari
o Ketidakmampuan meluruskan atau menekuk siku
o Bengkak atau memar di sekitar sendi siku

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More